Keberadaan TPA Margo Rahayu tidak lepas dari sejarah keberadaan TPA Pada tahun 1983, dimana pada tahun tersebut diadakan pertemuan para aktifis pengajian anak-anak Kotagedhe dan sekitarnya untuk membicarakan problematika pengajian anak-anak yang dirasakan sejak tahun 1970-an dalam keadaan yang tidak stabil, bahkan tidak sedikit yang macet. Hasil dari pertemuan tersebut adalah terbentuknya Tim Pembina Pengjian Anak-Anak yang pada awalnya bergerak di Kotagedhe. Setelah melalui beberapa penelitian dan pengamatan yang dilakukan oleh tim, maka tim kemudian mengambil sebuauh kesimpulan : dibutuhkannya sebuah bentuk baru dari sistem dan metode pengajaran membaca Al Quran, yang bisa dijadikan terobosan untuk mengatasi problemm yang terjadi. Sehingga tepatnya pada tanggal 16 Maret 1988, didirikanlah TKA (Taman Kanak-kanak Al Quran). Dengan didirikannya TKA ini, proses pembelajaran baca tulis Al Quran semakin memberikan hasil yang lebih baik. Maka untuk menindak lanjuti hal tersebut, didirikanlah Taman Pendidikan Al Quran(TPA) yang menampung para lulusan dari TKA.

Disamping itu kegiatan keagamaan di wilayah gamelan juga diinisiasi oleh PMMI (Persatuan Muda Mudi Islam) Gamelan yang merupakan bentuk kelanjutan Organisasi MMIK di wilayah kecamatan Kraton. Pada saat itu belum terdapat Masjid di wilayah gamelan namun berbentuk Mushola Margo Rahayu sehingga kegiatan dahulunya bersentral di kampung Gamelan kidul di kediaman (Alm) Bapak Prawiro Atmodjo. Cikal bakal kegiatan berawal dari kegiatan tadarus Al Quran yang dilaksanakan setelah habis Maghrib oleh para pemuda dan pemudi di sebagai bentuk syiar islam wilayah Gamelan.

Taman Pendidikan Al Quran Margo Rahayu merupakan lembaga pendidikan non formalyang berada di Masjid Margo Rahayu meliputi Wilayah Catur RK Gamelan yang berdiri pada tanggal 5 Januari 1994. Kehadiran TPA ini juga berangkat dari besarnya animo masyarakat terhadap pemberantasan buta huruf Al Qur’an yang dipelopori oleh gerakan TKA-TPA yang dirintis oleh “Team Tadarus AMM” Kotagede Yogyakarta.Atas kemurahan hati dan kepedulian terhadap syi’ar Islam dan masyarakat sekitar.

Masjid : Margo Rahayu
Alamat : Jl. Namburan Kidul 26-28 Yogyakarta 55131
Tahun Beridiri : 1994
Direktur : Agus Primajati
Contact Person : 08562570187
Web/Facebook : http://tpamargorahayu.tk
Jadwal KBM :Selasa / Kamis / Sabtu
Pukul : 16.30 WIB - Maghrib

Kelas :TPAUD - TKA- TPA - TQA

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top