Mendidik, mengajar, memperhatikan, menenangkan, memperhatikan dan menyimak. Adalah kegiatan yang harus kita lakukan secara bersamaan saat kita sebagai pengajar di Taman Pendidikan Al Quran. Sering kita dibuat pusing dan kalang kabut dengan suasana pembelajaran di TPA. Disaat kita harus memperhatikan privat baca iqro, pada saat yang bersamaan, kita harus menenangkan santri lain yang bermain terlalu gaduh. Bermainnya pun bahkan sampai ada yang berlari-lari di ruang kelas. Ini merupakan suasana yang mungkin cukup sering kita alami di kelas TPA.

Salah satu usaha untuk membuat kondusif ruangan kelas adalah dengan memberikan tugas kepada santri lain yang belum mendapat giliran untuk mengaji privat. Hal tersebut pun terkadang juga masih menyisakan PR lagi. Apa yang harus kita tulis di papan tulis? Atau, apa tugas yang harus kita berikan kepada santri? Ke-kurang-siapan kita tersebut terkadang juga malah semakin membuat kelas menjadi tidak terkendali.

Berangkat dari suasana tersebut, kami bermaksud untuk berbagi contoh tugas yang bisa diberikan kepada santri saat kita melakukan privat membaca. Contoh ini tidaklah se-sempurna yang kita harapkan. Namun demikian, semoga bisa memberikan tambahan bahan untuk kita berikan kepada santri kita sambil menunggu giliran mengaji privat. Salah satu contoh tugas tersebut adalah


Klik disini untuk download tugas diatas.

Untuk contoh tugas yang lain, bisa di download pada box di bawah ini:


Sekian posting dari kami. Semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top